Test Marshall Aspal Hotmix

jasa pengaspalan

Gendo’s Blog – Ada beberapa tahap pengujian dalam aspal di mana bertujuan untuk menguji kualitas dari aspal itu sendiri, beberapa ketentuan sudah ditetapkan sehingga dalam pembuatan aspal ini harus melakukan pengujian agar aspal yang akan dihamparkan ke jalan layak untuk dipakai. Salah satu pengujian tersebut tersebut dengan menggunakan alat marshall, yang sudah sesuai dengan prosedur dari Bina Marga. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik campuran, menentukan ketahanan atau stabilitas terhadap kelelehan flow atau plastis dari campuran beraspal.

Hubungan antara ketahanan dan kelelahan spastisitas adalah berbanding lurus, apabila semakin besar stabilitas, semakin besar juga flownya dan begitu juga sebaliknya. Jadi semakin besar stabilitasnya maka aspal akan semakin bisa menahan beban, begitu juga sebaliknya serta flow semakin tinggi maka aspal semakin bisa menahan beban. Hasil pengamatan pada pengujian marshall lalu dibuatkan grafik hubungan antara persentase kadar aspal dengan persentase rongga terisi aspal atau VFA, persentase rongga dalam campuran atau VIM, kelelehan atau flow, stabilitas dan perbandingan antara stabilitas dan kelelehan atau MQ. Dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Void Filler With Asphalt atau VFA, merupakan rongga terisi aspal pada campuran sesudah mengalami proses pemadatan yang dinyatakan pada persen terhadap rongga antar butiran agregat atau VMA, sehingga antara nilai VMA dan VFA memiliki hubungan yang erat. Faktor-faktor yang mempengaruhi VFA yaitu:
  • Kadar aspal
  • Gradasi agregat
  • Energi pemadat
  • Absorbsi agregat

Mengecilnya nilai VMA pada kadar aspal yang tetap, akan mengakibatkan memperbesar persentase rongga terisi dengan aspal.

  1. Void In The Mix (VIM) yaitu menunjukkan persentase rongga pada campuran, nilai VIM ini mempengaruhi keawetan dari campuran aspal agregat, semakin tinggi nilai VIM ini, menunjukkan semakin besar rongga pada campuran sehingga campuran bersifat porrus.
  2. Kelelehan (Flow) merupakan deformasi yang vertikal, di mana awal mula pembebanan sampai kondisi stabilitas menurun. Ini menunjukkan besarnya deformasi yang terjadi pada lapis perkerasan  berakibat menahan beban yang diterimanya. besarnya nilai flow ditentukan lewat mm atau 0,01.
  3. Stabilitas yaitu kemampuan lapis perkerasan menerima beban lalu lintas tanpa mengalami perubahan bentuk yang tetap atau deformasi permanen, seperti gelombang, alur dan bleeding. Nilai stabilitas ini dipengaruhi oleh kohesi atau penetrasi aspal, kadar aspal, gesekan, mengunci dari partikel agregat, bentuk dan tekstur permukaan dan gradasi agregat.
  4. Marshall Quotient (MQ), sebuah nilai MQ yang menyatakan sifat kekakuan campuran, jika nilai MQ relatif tinggi, maka campuran akan cenderung kaku dan mudah retak, begitu juga sebaliknya, apabila nila MQ rendah, maka perkerasan menjadi lentur dan kurang stabil.

Dari hasil yang sudah diperoleh tersebut, terdapat kadar aspal optimum berdasarkan kriteria, untuk kemampuan campuran yang sesuai dengan standar dari Bina Marga.

Persyaratan campuran lapis aspal untuk lalu lintas berat jika melihat buku petunjuk Pelaksanaan Lapis Aspal Beton (LASTON) Tabel 4 halaman 10, jalan raya yaitu sebagai berikut :

Rongga terisi aspal                      : > 75%

Rongga dalam campuran            : 3% – 5%

Kelelehan                                     : 2mm – 4mm

Stabilitas + kelelehan                   : 200 kg/mm – 350 kg/mm

Dalam perencanaan campuran aspal yang pas maka wajib memenuhi syarat antara stabilitas yang tinggi, fleksibilitas rendah, rongga pori kecil, dan rongga dalam campuran yang kecil.

Jasa Pengaspalan

Ingin hasil aspal baik? Jangan ragu datangi kami. Karena kami selalu membuat aspal berkualitas tinggi di mana tidak pernah mengecewakan pelanggan. Selain itu kami juga melayani jasa marka. Berbagai macam pengujian sudah kami lakukan dengan benar dan sesuai ketetapan yang berlaku, maka dari itu, tidak ada alasan lain lagi untuk tidak menggunakan kami, proyek besar dan kecil pernah kami kerjakan dengan baik. Pengalaman itulah yang membuat kami bisa bertahan sampai saat ini, juga menjadi kelebihan kami sebagai jasa pengaspalan, segera hubungi kami di kontak yang ada di bawah ini.

1 thought on “Test Marshall Aspal Hotmix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *